anda disini: bola ball mill

bola ball mill

 

 spesifikasi bola baja

 

1.   Kenapa anda menggunakan bola baja untuk melakukan penghancuran batuan pada sistem pengolahan emas dengan menggunakan tromol  dan  tidak as besi saja kan lebih praktis ?
 
2. Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menghaluskan batuan dengan bobot 20 kg dalam setiap tromol tersebut?
 
3.     Berapa mesh tingkat kehalusan dan kelembutan serbuk yang anda dapatkan dengan memakai bola baja sebagai pemukul batuan dalam tromol?
 
4.       Apa ada kelebihan lain memakai sistem bola baja daripada as besi?
 
5.       Bukankah bola baja dipasaran mudah pecah dan aus?
 
Yapp..... itulah pertanyaan umum yang terjadi dilokasi kerja kami saat teman teman datang melihat kami memakai bola baja dan bukanya as besi dalam sistem tromol kami....
 
Baiklah sedikit kami uraikan disini namun secara ringkas saja ya ntar kalo banyak banyak pada males bacanya hehehe...
 
Awalnya memang kami menggunakan 4 varias as besi dengan pertimbangan lebih murah dan mudah mendapatkanya dipasaran bahkan di tukang rosok besi ada tinggal timbang saja.... namun dengan berjalannya waktu kami mulai memakai bola baja setelah secara tidak sengaja berkunjung ke salah satu pabrik pengolahan batu terbesar di jawa barat, disana kami melihat begitu praktisnya proses penghancuran batuan tersebut hingga mencapai 300mesh up (powder)....
 
Singkat kata kami mulai mencari bola baja tersebut dipasaran mulai mencoba dari berbagai merk lokal dengan iming iming kekerasan yang bagus kala itu....ya namanya orang belajar ternyata kegagalan utama bola baja lokal adalah mudah pecah karena benturan dan mudah aus ( habis ) itulah alasan kami sekarang menggunakan bola baja dalam proses tromol kami.
 
Proses penghancuran menggunakan bola baja lebih singkat dibanding menggunakan as besi, jika menggunakan as besi memakan waktu 4 hingga 6 jam dengan bola baja cukup 2 jam kelar kok....hehehe promosi..!! promosi...!! ( bukan promosi bos...silahkan coba sendiri, itupun kalo mau... kalo tidak ya tidak jadi masalah buat saya gitu aja kok repot hahahaha )
 
Perlu kita kaji lebih lanjut mengenai waktu pengolahan yang lama akan memakan energi listrik atau solar yang tidak kecil per jamnya.....mungkin bagi anda yang sekali pencet 10 gram tidak jadi soal namun jika sekali pencet hanya 1 gram piye jal....hahaha.....ya  terlepas dari semua itu pendirian saya adalah tetap memilih solusi yang tercepat bahkan kalo bisa batu tinggal dimartil saja dan emasnya udah kelihatan.....hahaha
  
Itulah garis besar alasan kenapa saat ini kami merubah semua pemukul dalam tromol emas dipengolahan kami menggunakan bola baja, namun perlu diketahui bola baja yang kami pakai bukan hasil produksi lokal , bukan tidak percaya dengan produksi lokal ya...tetapi setelah kami uji beberapa kali ternyata kekerasan bola tidak sesuai iklan....jadi mudah aus dan pecah karena kerasnya benturan dalam tromol.
 
Kekerasan bola baja yang kami gunakan saat ini 60 HRC jadi jika ingin tahu masalah seperti apa baja paduan dengan kekerasan 60HRC monggo silahkan tanya mbah google saja...

Tetapi tetap saya berikan cara termudah dan gratis untuk menguji bola baja baja dengan kekerasan tersebut....nih caranya...
 
Jika anda mendapatkan bola baja yang dijual katanya keras dan ampuh maka cara termudah adalah benturkan bola dengan bola tersebut memakai kedua tangan anda dengan tenaga maksimal....lalu amati akibat benturan pada titik bentur tadi jika penyok bahkan retak....ya gampang kan kembalikan saja sama yang jual...hahahaha
 
Selanjutnya dimana beli dan berapa harga bola baja dengan kekerasan 60 HRC tersebut ? kebetulan  kami ada kelebihan stok dari pembelian kami yang tidak boleh beli retail dari importir beberapa waktu lalu .
 
Untuk harganya gak mahal kok hanya 50 ribu per kilo gramnya (belum termasuk ongos kirim) jika berminat silahkan menghubungi kami via email....
 
Pembelian diatas 10 kg anda akan diberi harga 15 ribu per kilonya ( belum ONGKIR )
 
 
Terima kasih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WWW.JAYAMINERAL.COM MENGGUNAKAN NOMOR TELEPON (Whatsapp) , EMAIL DAN REKENING BANK HANYA YANG TERCANTUM DI WEBSITE INI, SELAIN ITU BUKAN TANGGUNG JAWAB KAMI..TERIMA KASIH