anda disini: TEMBAGA TANPA KIMIA

TEMBAGA TANPA KIMIA

Halo apa kabar teman teman.....

Batuan tembaga merupakan mineral yang paling mudah ditemui karena secara kasat mata pastilah kita semua bisa menebak batuan tembaga tersebut, kalo masalah kadar relatif ya tidak sama tiap daerah berbeda tentunya ...

Pada saat ini proses pengolahan batuan tembaga banyak sekali dijumpai baik dari pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia pertambangan ... akan tetapi masih saja banyak kegagalan disana sini dan berujung putus asa dan bangkrut... lalu apakah penyebabnya ??

Penyebab kegagalan dalam pengolahan batuan tembaga :

1.       Permodalan

Yup... faktor permodalan ini tidak bisa lepas begitu saja, namanya modal itu penting tetapi relatif juga dan tergantung target produksi yang akan dicapai...

2.       Pengetahuan

Pengetahuan yang minim tentang suatu teknik pengolahan batuan mineral juga menjadi penyebab kegagalan, banyak sekali kita jumpai pemula yang baru bisa melarutkan batuan tembaga memakai bahan kimia asam sejenis asam sulfat, asam klorida ataupun asam nitrat sudah menyatakan diri bahwa pemula tersebut AHLI... hehe jangan tersinggung ya bos.. ini sekedar koreksi saja kok...

3.       Teknik pengolahan

Teknik pengolahan lebih tinggi nilainya dari sekedar BISA melarutkan batuan tembaga dalam larutan asam...teknik pengolahan sendiri ada dua macam ada pyrometallurgy dan hydrometalurgy, teknik pengolahan yang tidak dikuasai dengan baik mengenai peralatan yang digunakan, perlakuan sebelum pengolahan hingga finishing menjadi logam akan mempersulit dan menyebabkan kegagalan.

Saran bijaksana :

Kami sangat menyarankan koreksi , perbaiki dan sempurnakan dulu faktor kedua dan ketiga yang sudah kami sebutkan diatas secara otomatis faktor pertama tidak akan jadi soal dikemudian hari...

Selain ketiga faktor penyebab kegagalan diatas masih ada satu faktor yang menurut kami perlu disampaikan secara luas yaitu faktor ketersediaan bahan kimia khusus teknik pengolahan menggunakan sistem hydrometalurgy ( pelarutan ), ketersediaan bahan kimia pendukung di setiap daerah ternyata tidak sama baik secara suplai pasar dan harga dilapangan, misalkan kita ambil contoh harga asam sulfat di surabaya kisaran Rp 2500,- / kg dan kenyataan dilapangan misalkan didaerah Mataram menjadi Rp 5000,- / kg ( hanya perkiraan loh ya ), pasti anda bisa menghitung dengan jelas berapa kebutuhan biaya yang mengikuti proses pengolahan batuan untuk 10 ton .

Apakah masalah tersebut selesai? Ternyata belum .... bahan kimia berbentuk cair kadang sulit juga mendapatkan agen transportasi / paket dan membuat ketersedian dilapangan kadang menjadi langka atau sulit didapatkan.  

dari ulasan diatas maka kami perlu memberikan informasi secara luas khususnya buat teman teman yang akan mengolah batuan tembaga didaerah yang sulit mendapatkan bahan kimia.

 

Tanya jawab :

Jadi bener nih bisa melarutkan logam tembaga dari batuan tanpa bahan kimia pelarut?

Iya betul bos... dan tentunya lebih murah dan gampang sekali didapatkan disekitar kita bahkan dipedalaman sekalipun...

Apakah hanya logam tembaga yang larut ?

Sementara itu saja bos yang kita ulas yang lain nanti menyusul.. sabar dan fokus ke satu sistem dulu saja ya hehehe

Secara fisik ini sistem pelarut atau bahan pelarut ?

Gambaran sederhana begini,, yang kami maksud adalah SISTEM pelarutan mineral logam tembaga dari batuan dengan MEDIA pelarut yang ada disekitar kita.

Bagaimana kalau material tembaga itu hanya sebagai mineral pengikut ?

Begini bos...perlu saya jelaskan sedikit, batuan tembaga selalu ada unsur emas dan perak berapapun kadarnya, jadi jika tembaga dianggap sebagai pengikut/pengotor karena pengolah hanya FOKUS pada mineral Emas dan Perak saja maka..SISTEM ini bisa diterapkan dengan baik karena selain menghilangkan/membuang logam pengikut yang sering masuk karbon aktif ( proses sianida ) jelas sekali bahwa peningkatan logam emas perak yang didapat naik signifikan..

Bagaimana saya bisa mendapatkan sistem tersebut ?

Sistem ini sengaja kami buatkan ebook dengan tujuan dapat dijangkau teman teman didaerah tanpa harus ikut pelatihan privat dan tanpa bayar mahal..... sistem ini dapat dimiliki dengan mengganti biaya beli kopi saja sebesar Rp.65.000,- ( enam puluh lima ribu rupiah saja ) dan dapat di transfer ke rekening BCA 033.024.8912 an.joko prasetyo dan jangan lupa setelah transfer kirimkan email anda ke wa/sms/telegram 082.2312.15867.

Demikian ulasan mengenai pengolahan batuan tembaga tanpa bahan kimia semoga menjadi sumber pengetahuan dan pengalaman yang baik dalam dunia pengolahan batuan mineral tembaga.

 Sampai jumpa dan salam sukses buat kita semua....

 

catatan :

ebook pengolahan batuan tembaga tanpa kimia tidak termasuk dalam paket ebook 2017

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WWW.JAYAMINERAL.COM MENGGUNAKAN NOMOR TELEPON (Whatsapp) , EMAIL DAN REKENING BANK HANYA YANG TERCANTUM DI WEBSITE INI, SELAIN ITU BUKAN TANGGUNG JAWAB KAMI..TERIMA KASIH