Pretreatment sianidasi

Kompresor  menginjeksi udara sebagai Preareation. Preareation bertujuan mengoksidasi sulfida yang larut berubah menjadi thiosulphate dan akhirnya menjadi sulfat dan mencegah pembentukan film pasif pada permukaan emas.
 
Untuk memperkuat proses oksidasi dapat menggunakan oxidizing agents, antara lain  potassium fenicyanide, permanganate, sodium peroxide ( Na2O2 )), and ozone ( O3), Calsium Oxide ( CaO2 ) . Namun oxidator yang sering digunakan adalah Hydrogen Peroksida ( H2O2 ), selain pertimbangan mudah penggunaannya, bahan ini mudah didapat dan relatif murah dibanding oxidator lainnya.
 
Selain itu, kehadiran sulphides reaktif seperti marcasite, pyrrhotite, realgar atau chalcocite dalam proses sianidasi sering membentuk film pelindung pada permukaan emas sehingga menghambat proses pelarutan emas. Namun demikian, efek ini dapat dihilangkan atau diminimalkan dengan cara preareation intensif dan menambahkan Lead Nitrat [Pb (NO3)2]  sebagai promotor di dalam pulp.
Ion NO3- adalah anion yang sangat efektif dan kuat dalam mengoksidasi mineral batuan. Namun bila menggunakan Acid  Nitric ( HNO3 ) tentulah membutuhkan penanganan yang lebih kompleks karena dalam proses sianida membutuhkan pH yang tinggi untuk mencegah timbulnya gas HCN. Untuk mendapatkan ion NO3- yang netral digunakan Lead Nitrat [Pb (NO3)2]  sebagai promotor. Garam timbal ini akan terurai dalam air menjadi kation Pb+ dan anion NO3-.
 
Lead Nitrat [Pb (NO3)2] mencegah terlarutnya sulfida ( S-2 ) dari PbS atau HgS dalam prosses sianidasi, sehingga menjaga permukaan emas bersih. Penggunaan Lead Nitrat dapat meningkatkan kecepatan leaching,   mungkin melalui pengembangan sel galvanik lokal antara emas dan timah, khususnya dalam pengolahan sebagian bijih sulfidis yang mengandung pirit dan sedikit pyrrhotite dan chalcopyrite.
Kebutuhan Lead Nitrat (PbNO3)2  sebagai promotor sebanyak sebanyak 0,01% s/d  0,03% untuk jenis batuan oxydis   dan 0,05% s/d  0,08%  untuk jenis batuan sulfidis.  Proses penambahan [Pb (NO3)2] dapat dilakukan di awal maupun bersamaan dengan proses sianidasi. Selain Lead Nitrate, promotor yang sering digunakan adalah Lead Acetate dan Mercury Acetate.

Proses Pretreatment dengan mengunakan oksigen dan lead nitrat idealnya berlangsung selama 2 jam.